Wujudkan Rencana Hidup Anda Menjadi Nyata

07 Mei 2019

Pergantian tahun selalu membawa harapan baru untuk mewujudkan goal-setting baru dalam tahapan kehidupan Anda! Entah itu impian dalam hal karier, keluarga, mobil impian, atau bahkan rumah baru, Anda bisa makin dekat dengan impian tersebut lewat tabungan maupun investasi. Oleh karena itu, menyusun resolusi di tahun baru amat penting dan tak boleh terlewatkan. Setiap orang memiliki caranya sendiri yang paling cocok untuk menyusun resolusi tahun baru. Namun, ada beberapa trik jitu yang bisa Anda coba untuk menyusun resolusi Anda sendiri.

Miliki Motivasi Diri yang Tepat

Dalam menyusun resolusi tahun baru, memiliki motivasi yang tepat sangat penting untuk menjamin Anda menghasilkan poin-poin resolusi yang bermanfaat di masa yang akan datang. Motivasi yang tepat selalu melibatkan visi jauh ke depan. Membayangkan menjadi apa dan berada di mana diri Anda di masa yang akan datang bisa sangat membantu memberikan motivasi diri yang tepat.

Tetapkan Tujuan yang Spesifik dan Masuk Akal

Inti dari resolusi tahun baru adalah menetapkan tujuan-tujuan yang ingin dicapai dalam setahun ke depan, karena itu Anda perlu menetapkan tujuan yang spesifik dan masuk akal. Tujuan yang spesifik akan sangat membantu dalam mengukur tingkat keberhasilan saat berusaha memenuhi resolusi Anda.

Tujuan yang masuk akal maksudnya adalah bahwa resolusi yang Anda buat tersebut bisa tercapai secara logis dan tidak merusak keseimbangan finansial yang sehat jika dilakukan. Tujuan yang di luar kemampuan Anda akan merusak kondisi finansial jika dipaksakan.

Berkomitmen dengan Sungguh

Sejak awal Anda hendak menyusun resolusi tahun baru, Anda perlu berkomitmen sungguh-sungguh untuk mewujudkannya. Tanpa komitmen, Anda bahkan bisa saja berhenti saat masih tengah menyusun resolusi tersebut. Dengan komitmen yang kuat, Anda akan menyelesaikan resolusi tahun baru Anda dengan baik, serta memulai melakukannya dengan semangat.

Pentingnya Financial Goal dalam Resolusi Sehingga Tidak Boleh Terlewat

Tidak peduli apapun resolusi yang Anda buat, tentu membutuhkan keterlibatan dana di dalamnya. Oleh sebab itu, financial goal atau resolusi keuangan wajib ada dalam resolusi tahun baru. Percaya atau tidak, membuat financial goal adalah sebuah langkah maju untuk mewujudkan kebebasan finansial yang memungkinkan Anda mewujudkan resolusi tahun baru Anda secara sempurna.

Langkah Menyusun Resolusi Keuangan untuk Setahun

Lantas bagaimana menyusun resolusi keuangan yang baik untuk setahun ke depan? Beberapa tips dan trik berikut ini bisa menjadi panduan bagi Anda.

Lakukan Assessment atas Kondisi Keuangan Anda Terlebih Dahulu

Melakukan assessment keuangan atau penilaian atas kondisi keuangan Anda sangat krusial sebelum Anda menyusun resolusi keuangan, apalagi resolusi tahun baru Anda. Dengan menilai situasi keuangan Anda secara jujur dan benar, Anda bisa tahu di mana posisi keuangan Anda. Dengan demikian, Anda bisa mengambil langkah yang tepat untuk mulai menyusun resolusi keuangan Anda. Dalam menilai kondisi keuangan Anda, ada beberapa hal penting yang perlu Anda jawab. Tanyakan dan jawab dengan jujur agar Anda bisa menilai kondisi keuangan Anda dengan tepat.

Berapa Pendapatan Anda?

Coba untuk berkaca dari pengalaman tahun lalu, berapa pendapatan yang Anda dapatkan. Jika Anda mengetahui total pendapatan Anda tahun sebelumnya, sangat baik untuk menentukan secara logis berapa banyak Anda ingin bisa menambah pendapatan di tahun ini sebagai bagian dari resolusi keuangan Anda. Pertimbangkan secara realistis bagaimana Anda bisa menambah pendapatan tersebut.

  • Berapa Pengeluaran Anda?

Penilaian atas pengeluaran tahun lalu juga bisa jadi alat bantu untuk memproyeksikan pengeluaran tahun ini, sehingga menjadi pertimbangan penting dalam membuat resolusi keuangan Anda. Cek apakah alokasi dana tahun lalu sudah sesuai dengan rencana pengeluaran Anda atau tidak. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk membuat resolusi yang lebih baik.

  • Aset Apa yang Dimiliki?

Menaksir aset-aset yang Anda miliki penting untuk mengukur seberapa banyak Anda bisa menabung atau berinvestasi. Tabungan, deposito bank, dan investasi adalah instrumen penting untuk mewujudkan resolusi tahun baru Anda.

  • Berapa Banyak Hutang dan Kredit?

Selain pendapatan dan pengeluaran, hutang atau kredit juga berpengaruh langsung pada neraca keuangan Anda. Untuk memiliki resolusi keuangan yang baik, tentu Anda perlu tahu detail hutang dan kredit yang Anda miliki sehingga bisa merencanakan pelunasannya dengan baik agar tak mengganggu resolusi tahun baru Anda.

Asuransi Apa Saja yang Anda Miliki?

Asuransi memang baik untuk Anda, namun tak ada salahnya menilai kembali asuransi apa saja yang Anda butuhkan. Pahami apa saja yang dicover oleh asuransi Anda. Cari tahu apakah ada pilihan asuransi lain yang menawarkan keuntungan yang lebih baik. Jika ya, itu bisa jadi nilai plus untuk membantu menyusun bahkan mewujudkan resolusi tahun baru Anda.

Gunakan Metode SMART dalam Menyusun Resolusi Keuangan

Salah satu metode yang sudah banyak digunakan orang dan diakui keberhasilannya dalam menyusun resolusi keuangan adalah metode SMART. Metode SMART adalah singkatan dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-bound. Berikut penjelasannya:

Specific: tentukan secara spesifik tujuan keuangan yang ingin Anda capai beserta langkah-langkah yang akan Anda lakukan.

Measurable: cari cara untuk mengukur tujuan yang sudah Anda tentukan secara spesifik tersebut. Gunakan ukuran dan rentang waktu yang tepat dalam mengukur apakah Anda berhasil mencapai tujuan atau tidak.

Achievable: dalam menetapkan resolusi keuangan, goal Anda harus realistis. Boleh tinggi, namun tidak boleh terlalu ambisius.

Relevant: resolusi keuangan harus relevan. Anda bisa membuat resolusi keuangan yang relevan hanya setelah Anda melakukan penilaian atas kondisi keuangan Anda.

Utamakan Tabungan dan Investasi

Seperti yang sudah sedikit disinggung bahwa tabungan dan investasi adalah instrumen penting untuk mewujudkan resolusi tahun baru Anda, maka mengutamakan tabungan dan investasi tak boleh Anda lewatkan. Bahkan jika Anda menjadikan tabungan dan investasi sebagai salah satu item pada resolusi tahun baru Anda, maka Anda berkesempatan untuk mewujudkan resolusi yang lebih besar lagi di tahun-tahun yang akan datang!

Ada berbagai jenis tabungan dan beragam investasi di luar sana yang bisa Anda coba. Pikirkan dahulu dengan baik mana yang paling cocok dan sesuai dengan Anda. Anda bisa menjadikan metode SMART yang sudah dibahas sebagai rujukan.

Programkan Otomatisasi Alokasi Dana Anda

Sudah bukan rahasia lagi jika Anda akan terus ingin membelanjakan uang jika tahu ada uang menganggur di tabungan. Oleh karena itu, programkan otomatisasi dalam mengalokasikan dana Anda. Beberapa hal yang sangat mudah dilakukan otomatisasi antara lain premi asuransi, kredit, tabungan, investasi, bahkan rekening listrik. Dengan memprogramkan otomatisasi, Anda siap untuk menyusun resolusi keuangan yang lebih baik, serta dalam pelaksanaannya nanti, tidak mengganggu proses mewujudkan resolusi tersebut.

Gunakan Lembaga Finansial yang Andal dan Terpercaya

Lembaga perbankan dan finansial yang andal dan terpercaya menjadi jaminan terbaik sebagai sarana bantuan mengelola keuangan Anda untuk mewujudkan resolusi tahun baru. Tak perlu bingung dalam menentukan lembaga keuangan mana yang akan Anda pilih, percayakan saja pada lembaga yang sudah terpercaya dan kredibel seperti Maybank Indonesia.

Maybank Indonesia telah melayani publik selama bertahun-tahun dengan dedikasi dan kualitas. Selain telah berpengalaman menyediakan layanan perbankan yang kredibel, ada banyak beragam produk finansial yang bakal menguntungkan Anda dan membantu mewujudkan resolusi tahun baru Anda. Berikut beberapa di antaranya:

Maybank Tabungan MyPlan

Simpan Dana Anda di Tabungan My Plan dan Rasakan Manfaatnya

Buka Tabungan My Plan

Tabungan MyPlan dari Maybank Indonesia adalah tabungan terencana yang bisa membantu mewujudkan resolusi tahun baru Anda sesuai dengan rentang waktu yang Anda tetapkan. Tabungan ini juga cocok saat Anda ingin mempersiapkan dana dalam jumlah dan dalam waktu tertentu untuk mencapai target kebutuhan biaya seperti persiapan menikah, liburan ke luar negeri, membeli mobil, atau bahkan membeli rumah.

Melalui tabungan MyPlan, Anda bisa menetapkan target jumlah yang Anda inginkan, lalu menabung dengan setoran bulanan yang sudah ditetapkan sesuai target Anda. Tak perlu risau dengan setoran bulanannya, sebab setorannya sangat terjangkau mulai dari Rp 100.000 saja. Selain itu, Anda juga mendapatkan keuntungan lain seperti gratis premi perlindungan asuransi bila meninggal dunia atau cacat tetap. Juga gratis administrasi bulanan dan ada bunga yang kompetitif. Produk Tabungan MyPlan tersedia dalam bentuk konvensional maupun syariah.

Maybank Tabungan MAKSI

Tabung dan Atur Uang Bulanan Mu Dengan Tabungan Maksi

Selengkapnya

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan keuntungan maksimal dari rekening tabungan, maka Tabungan MAKSI dari Maybank bisa jadi pilihan yang paling tepat. Tabungan MAKSI Maybank punya tiga jurus sakti yang bakal memberikan keuntungan maksimal buat Anda yaitu:

  1. Gratis tarik tunai di ATM domestik mana saja.

Anda bisa melakukan penarikan dana tunai secara gratis di ATM bank lain dan jaringan ATM Bersama/Prima/Alto. Ini tentu sangat memudahkan Anda jika Anda berada di kota kecil atau lokasi yang jauh dari pusat kota.

  1. Gratis transfer online antar bank, SKN, RTGS, serta bayar tagihan dan pembelian.

Melalui aplikasi Maybank2u Internet Banking, Anda bisa melakukan transaksi-transaksi tersebut secara gratis dan tak perlu memusingkan soal biaya administrasi!

  1. Gratis asuransi atau bonus bunga.

Dengan melakukan top up dalam jumlah tertentu, Anda akan mendapatkan perlindungan asuransi secara gratis, atau bonus bunga hingga 5% per tahun.

Dengan Tabungan MAKSI Maybank, Anda akan mendapatkan Maybank Kartu Debit Mastercard sehingga akan sangat memudahkan transaksi Anda di seluruh dunia. Selain itu, tersedia pula berbagai fasilitas seperti auto sweep, e-statement, Maybank Direct Debit untuk membayar berbagai tagihan secara praktis, serta tersedia dalam bentuk konvensional maupun syariah.

Jika menggunakan layanan perbankan Maybank Indonesia bisa memberikan begitu banyak keuntungan, mengapa tidak mencobanya untuk membantu Anda dalam mewujudkan resolusi tahun baru Anda, khususnya dalam rencana keuangan Anda. Mari wujudkan setiap resolusi Anda secara maksimal dan memuaskan bersama Maybank Indonesia. Jangan biarkan resolusi tahun baru Anda hanya sekadar resolusi belaka yang akan berganti atau diperbarui di tahun selanjutnya tanpa sempat terwujud. Sudah saatnya Anda memasuki babak baru selangkah lebih maju melalui kebebasan finansial yang bisa Anda dapatkan bersama Maybank Indonesia.