Pilih Jenis Reksadana Sebelum Mulai Berinvestasi

26 Maret 2022

Pilih Jenis Reksadana Sebelum Mulai Berinvestasi

Investasi Reksa Dana lebih mudah & praktis melalui M2U ID

Panduan Pembukaan Reksadana

Reksadana merupakan salah satu alternatif investasi yang bisa digunakan Nasabah. Investasi dengan reksadana memberikan pendapatan yang optimal berupa nilai investasi dengan resiko yang terdiversifikasi. Maybank Indonesia merupakan salah satu bank yang menawarkan berbagai jenis reksadana yang bisa menjadi pilihan Nasabah dalam melakukan investasi sesuai dengan profil risikonya. 

Beberapa jenis Reksadana di Maybank, diantaranya; 

1.  Reksa Dana Pasar Uang

Reksa Dana Pasar Uang merupakan jenis reksadana yang praktek investasinya berfokus pada instrumen pasar uang dalam negeri dan efek bersifat utang diterbitkan dengan jangka waktu tidak lebih dari satu tahun serta sisa jatuh temponya tidak lebih dari satu tahun seperti deposito. Reksa Dana Pasar Uang juga memiliki risiko yang relatif rendah, sehingga cocok untuk Nasabah yang ingin memulai berinvestasi.

2.  Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa Dana Pendapatan Tetap merupakan jenis reksadana yang melakukan investasi paling sedikit, yaitu 80% dari dana investasi ke dalam efek bersifat utang, seperti surat utang negara maupun surat utang perusahaan yang memiliki jangka waktu lebih dari satu tahun. Reksa Dana Pendapatan Tetap memiliki risiko yang relatif lebih tinggi dari Reksa Dana Pasar Uang. 

3.  Reksa Dana Campuran

Reksa Dana Campuran merupakan jenis reksadana yang melakukan investasi pada efek bersifat ekuitas, efek bersifat utang, dan/ atau instrumen pasar uang dalam negeri yang dialokasikan secara proporsional dari dana investasi sesuai kebijakan investasinya. Reksa Dana Campuran memiliki tingkat risiko.

4.  Reksa Dana Saham

Jenis Reksa Dana ini melakukan investasi paling sedikit 80% dari dana yang dikelola untuk diinvestasikan ke dalam efek bersifat ekuitas atau saham. Reksa Dana Saham memiliki risiko investasi yang relatif lebih tinggi, namun berpotensi mendapatkan return yang relatif lebih tinggi pula dibandingkan dengan jenis reksadana lain.

5.  Reksa Dana Terstruktur

Reksa Dana Terstruktur memberikan alternatif investasi untuk para investor yang membutuhkan suatu produk investasi yang memiliki carapengelolaan yang spesifik sesuai dengan aturan yang berlaku . Beberapa Reksa Dana Terstruktur yang tersedia, diantaranya:

  • Reksa Dana Terproteksi

    Reksa Dana ini memiliki masa jatuh tempo produk, pembagian keuntungan secara periodik dan pada saat jatuh tempo biasanya nilai pokok investasi investor kembali sebesar nilai proteksi mengikuti kondisi aset dasar dalam mekanisme proteksinya.
  • Reksa Dana Indeks

    Jenis Reksa Dana ini dikelola untuk mendapatkan hasil investasi yang mirip dengan indeks yang dijadikan acuan, baik indeks obligasi atau indeks saham serta bisa dibeli dan dijual sewaktu-waktu. Reksa Dana Terstruktur dikhususkan untuk investor yang menginginkan transparansi terkait investasinya.

Anda dapat menjadikan salah satu dari kelima jenis Reksa Dana di atas sebagai alternatif investasi yang sesuai dengan profil risiko dan jangka waktu investasi Anda. Selain itu, Maybank juga menyediakan Reksa Dana Syariah untuk Anda pilih sebagai alternatf investasi lainnya. Terlebih lagi, berinvestasi melalui Reksa Dana di Maybank memberikan banyak kemudahan.

Anda bisa membeli Reksa Dana secara online melalui M2U ID App mulai dari Rp100 ribu saja, dengan opsi pembelian sekali saja atau otomatis setiap bulan. Melalui M2U ID App, Anda juga bisa melakukan top-up, jual dan cek portofolio Reksa Dana Anda. Cek disini untuk panduan transaksi Reksa Dana via M2U ID App.

Pilih Reksa Dana yang sesuai untuk investasi Anda di Maybank melalui M2U ID yang hadir untuk memberikan kemudahan hanya dalam satu genggaman. Anda bisa melakukan jenis transaksi sampai investasi.