Cara Menggunakan Kartu Kredit yang Bijak

17 Mei 2022

Kartu kredit hadir untuk memberikan kemudahan transaksi pembayaran yang diberikan oleh pihak perbankan ke Nasabah setia. Kemudahan melakukan transaksi pembayaran menggunakan kartu kredit jangan sampai mengganggu finansial Anda. Cara menggunakan kartu kredit harus dilakukan dengan bijak dan tidak konsumtif.

Berikut adalah hal-hal yang perlu dilakukan dalam menggunakan kartu kredit secara bijak:

1. Atur Limit Transaksi

Setiap kartu kredit memiliki limit tertentu yang bisa Anda atur limitnya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar. Dengan Anda mengatur limit kartu kredit, Anda akan terhindar dari pembelian barang yang harganya melebihi limit kartu kredit.

2. Gunakan Sesuai Kebutuhan

PGunakan kartu kredit sesuai dengan kebutuhan saja. Fungsi kartu kredit seharusnya membantu Anda mendapatkan sesuatu yang Anda butuhkan. Jika penggunaan kartu kredit terlalu konsumtif bisa berakibat pengelolaan uang menjadi tidak stabil.

3. Bayar Tagihan Kartu Kredit Tepat Waktu

Membayar tagihan kartu kredit adalah kewajiban bagi semua penggunanya. Selain karena kewajiban, membayar tagihan dengan tepat waktu bertujuan menghindari Anda dari denda yang besar. Banyak kasus perihal tidak bisa membayar tagihan karena selalu menanggung denda keterlambatan pembayaran tagihan kartu kredit.

4. Cek Data Tagihan Secara Berkala

Cek selalu tagihan kartu kredit Anda. Perhatikan dengan teliti penggunaan kartu kredit yang telah Anda lakukan. Hal ini penting untuk menghindari kesalahan pencatatan transaksi oleh bank atau bisa bermanfaat untuk bisa mengetahui langsung jika ada transaksi mencurigakan atau pembobolan kartu kredit.

5. Tidak Memiliki Banyak Kartu Kredit

Walaupun fungsi kartu kredit untuk memberikan kemudahan, tapi akan lebih baik jika Anda tidak menggunakan lebih dari 2 kartu kredit. Jika terlalu banyak kartu kredit yang Anda gunakan, bisa berpotensi merusak pengelolaan finansial Anda dan berakibat membuat Anda memiliki banyak hutang kartu kredit.

6. Jaga Kerahasiaan Data Kartu Kredit

Pastikan Anda menjaga kerahasiaan data kartu kredit, seperti PIN yang digunakan untuk bertransaksi dan keberadaan kartu kredit ada di tangan Anda. Dengan menjaga kerahasian data, Anda bisa terhindar dari kejahatan phising yang saat ini marak terjadi.

Gunakan kartu kredit dengan bijak sesuai fungsi yang sebenarnya yaitu membantu Anda untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Selain itu, pilihlah kartu kredit yang bisa memberikan banyak keunggulan seperti Welcome Bonus berupa MAPCLUB Point hingga 2 juta bagi Anda yang disetujui permohonan kartu kreditnya dan melakukan transaksi selama 3 bulan sejak kartu diaktifkan.

Nikmati juga keunggulan lainnya dari Maybank Kartu Kredit untuk kemudahan hidup Anda.

  • Maybank Kartu Kredit Visa Infinite
    Kumpulkan Airline Miles dengan konversi 1 Airline Miles untuk setiap transaksi Rp7.500,- dan tukarkan dengan tiket pesawat untuk perjalanan ke destinasi favorit.

  • Maybank Kartu Kredit Visa Platinum
    Dapatkan 10x Maybank TREATS Points untuk setiap transaksi retail Rp10 ribu di hari ulang tahun Anda.

  • Maybank Kartu Kredit JCB
    Nikmati berbagai keuntungan dari persiapan perjalanan hingga kembali dari Jepang serta kumpulkan 1 Maybank TREATS Point yang setara 1 Airline Miles untuk setiap transaksi belanja retail Rp10 ribu.

 

 Ajukan Maybank Kartu Kredit pilihan Anda klik disini dan nikmati beragam keistimewaannya.