Maybank Indonesia Dukung Inisiatif Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi

 

Jakarta, 13 Desember 2020 – Di tengah kondisi yang penuh tantangan, PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) mengambil bagian untuk ikut mendukung kegiatan ketahanan pangan bagi masyarakat yang terdampak pandemi. Kegiatan ini diwujudkan melalui kerjasama dengan lembaga swadaya masyarakat (LSM) HARA, Artemis Impact, Campaign.com, dan Innovator 4.0 yang menggagas program Peduli Pangan, dengan mendistribusikan paket makanan untuk 5.000 warga pemukiman padat penduduk di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, pada tanggal 9-13 November 2020.

Adapun hal yang mendorong Maybank Indonesia untuk berpartisipasi pada program Peduli Pangan, Tommy Hersyaputera, Head, Corporate & Brand Communication, Maybank Indonesia menjelaskan, “kami mencermati adanya disrupsi pada jalur food  supply & demand, yang berdampak pada banyak stakeholders, khususnya para petani yang terhambat penjualan produknya akibat penerapan pembatasan sosial berskala besar, kemudian juga  terdapat masyarakat pra-sejahtera yang kehilangan pekerjaan dan terancam kekurangan makanan serta gizi di tengah pandemi Covid-19.“

Program Peduli Pangan bertujuan untuk mengatasi masalah ketahanan pangan yang terjadi akibat pandemi Covid-19.  Inisiatif ini berusaha memberikan solusi atas permasalahan ketahanan pangan secara terintegrasi dan komprehensif dengan melakukan pembelian produk pertanian langsung ke petani yang terdampak, kemudian mendistribusikan produk tersebut melalui dapur umum yang telah didirikan secara berkala oleh pelaksana program. Bahan makanan tersebut kemudian diolah dan dimasak menjadi paket makanan yang siap untuk dibagikan kepada masyarakat pra sejahtera yang terdampak pandemi.

Melalui Peduli Pangan, selain mendukung ketersediaan makanan untuk 5.000 penerima manfaat, Maybank Indonesia juga membantu 6 (enam) petani dengan membeli produk pertanian mereka, serta 50 masyarakat lokal yang menjadi staf dapur untuk mendapatkan tambahan penghasilan melalui kontribusinya dalam membantu mengolah bahan makanan serta mendistribusikannya kepada warga terdampak.

“Selaras dengan misi Maybank Indonesia, humanising financial services, dukungan dalam inisiatif ini juga selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, yakni mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan, tersedianya nutrisi yang lebih baik serta mendukung pertanian berkelanjutan untuk mewujudkan kehidupan yang sehat dan kesejahteraan bagi semua di segala usia,“ ujar Tommy. 

“Kami berharap insiatif ketahanan pangan ini dapat menjadi solusi alternatif yang mudah dan sederhana untuk membantu komunitas-komunitas terdampak serta sekaligus dapat memberi manfaat untuk kelangsungan hidup dan perekonomian mereka,“ tutup Tommy.

Press realese

Press realese

 

***

Catatan untuk editor:

Maybank Indonesia merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia yang memiliki jaringan regional maupun internasional Grup Maybank. Maybank Indonesia menyediakan serangkaian produk dan jasa, termasuk proposisi Syariah yang komprehensif bagi nasabah individu maupun korporasi melalui layanan Community Financial Services (Perbankan Ritel dan Perbankan Non-Ritel) dan Perbankan Global, serta pembiayaan otomotif melalui entitas anak yaitu WOM Finance untuk kendaraan roda dua dan Maybank Finance untuk kendaraan roda empat. Maybank Indonesia juga terus mengembangkan layanan dan kapasitas Digital Banking melalui Mobile Banking, Internet Banking, Maybank M2U (mobile banking berbasis internet banking) dan berbagai saluran lainnya.

Per 30 September 2020, Maybank Indonesia memiliki 362 cabang termasuk cabang Syariah yang tersebar di Indonesia serta satu cabang luar negeri (Mumbai, India), 22 Mobil Kas Keliling dan 1.480 ATM termasuk 80 CDM (Cash Deposit Machine) yang terkoneksi dengan lebih dari 20.000 ATM tergabung dalam jaringan ATM PRIMA, ATM BERSAMA, ALTO, CIRRUS, dan terhubung dengan 3.500 ATM Maybank di Singapura, Malaysia dan Brunei. Hingga akhir September 2020, Maybank Indonesia mengelola simpanan nasabah sebesar Rp116,6 triliun dan memiliki total aset senilai Rp177,3 triliun.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Tommy Hersyaputera, Head, Corporate & Brand Communications
Email: CCommunications@maybank.co.id
Telp: +6221 2922-8888