Mari Mengenali Apa Itu CLEAN, SANITIZE, DISINFECT

17 April 2020

Working-From-Home-Tetap-Produktif2

Higienis dan kebersihan sangat penting untuk menjaga kesehatan, apalagi di masa wabah virus corona, khususnya COVID-19 ini yang mendorong kita untuk memberikan perhatian lebih dalam mencegah virus corona yang membahayakan kehidupan kita. Tapi apakah Nasabah Maybank cukup mengenal perbedaan antara clean (membersihkan), sanitising (sanitasi), dan disinfect (disinfeksi) yang sering didengungkan akhir-akhir ini?

Pencegahan Virus Corona dengan Clean, Sanitize dan Disinfect

Mari kita tengok, ketika kita membersihkan, misalnya membersihkan suatu permukaan, yang kita lakukan adalah mengupayakan untuk menghilangkan sampah, kotoran, dan debu yang terlihat pada permukaannya, sementara, bila kita mensanitasi permukaan tersebut, maka berarti kita berupaya untuk membuatnya bebas dari kontaminasi kotoran yang terlihat yang dapat mempengaruhi kesehatan kita. Namun mensanitasi ialah hanya suatu upaya untuk mengurangi tetapi tidak membunuh atau mampu menghentikan pertumbuhan mikroorganisme berbahaya (bakteri, virus, dan jamur).

Untuk dapat mencapai kebersihan maksimal hingga tereliminasinya pertumbuhan mikroorganisme termasuk virus, maka kita perlu melakukan disinfeksi pada permukaan tersebut yang akan mampu membunuh organisme mikroskopis yang membahayakan tersebut. Berikut ini ringkasan mengenai clean, sanitize, disinfect (disinfeksi) yang dapat memudahkan Nasabah mengenal perbedaannya dan dapat diterapkan di kehidupan Anda:

Clean (Membersihkan)

  • Bersihkan permukaan berisiko rendah seperti jendela, lantai, dan lainnya.
  • Membersihkan saja mengurangi allergen dan mikroorganisme pada permukaan dalam ruangan. Namun, alat pembersih yang digunakan dapat terkontaminasi dalam proses tersebut. Oleh karena itu, melakukan pembersihkan baik tetapi akan lebih baik jika dilanjutkan dengan sanitasi untuk mengurangi risiko kontaminasi.
  • Produk yang mendukung seperti produk pembersih rumah tangga yang umum baik untuk membantu kita membersihkan permukaan berisiko rendah sehari-hari.

Sanitize (Sanitasi)

  • Sanitasi permukaan yang sering bersentuhan dengan makanan dan peralatan memasak karena dapat mengurangi jumlah bakteri yang ada sebesar 99,9%, tetapi sanitasi tidak mematikan virus dan jamur.
  • Sanitasi lebih baik daripada membersihkan saja tetapi kurang efektif dibandingkan disinfeksi.
  • Produk yang mendukung: pastikan label produk memiliki bahan-bahan seperti kalsium/chlorine hypochlorite, peroxide/peroxyacid, acid anionic sanitiser, carboxylic acid, hydrogen peroxide, senyawa quatemary ammonium, dan lodophers.

Disinfect (Disinfeksi)

  • Disinfeksi permukaan yang sering disentuh dan permukaan yang berkemungkinan besar mengandung mikroorganisme berbahaya karena disinfeksi bisa membunuh mikroorganisme berbahaya.
  • Tingkat efektivitas minimal dari disinfektan biasa adalah 100% membunuh organisme berapapun jumlahnya. Bahkan jika ada 1 juta organisme di permukaan, disinfektan membunuh 100% dari semuanya; tidak ada yang tersisa.
  • Produk yang mendukung: ketika kita membeli disinfektan, pastikan bahwa labelnya menyatakan bahwa disinfektan tersebut membunuh virus cold dan flu, serta kuman.

Membersihkan permukaan dan benda-benda secara teratur dapat mengurangi mikroorganisme. Namun, agar lebih efektif mengurangi dan membunuh kuman berbahaya, sanitasi dan/atau disinfeksi harus dilakukan setelah pembersihan. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan perpindahan mikroorganisme ke permukaan lain, serta memastikan lingkungan bersih bagi penghuninya. Tetap lakukan pembersihan, sanitasi, dan disinfeksi untuk kita yang lebih sehat dan bebas dari penyebaran virus corona.