Apa itu Virtual Account dan bagaimana cara menggunakannya

31 Mei 2024

Bayar Virtual Account via M2U ID App

Panduan Bayar Virtual Account

Berada di era digital, transaksi menjadi semakin mudah dan praktis dengan berbagai inovasi yang terus berkembang. Salah satu inovasi dalam industri perbankan yang semakin sering digunakan adalah virtual account. Sebenarnya apa sih Virtual account dan bagaimana cara menggunakannya? Yuk, kita bahas lebih lanjut.

Virtual account merupakan metode pembayaran yang memungkinkan Pelanggan untuk melakukan pembayaran tanpa harus menggunakan nomor rekening bank yang sebenarnya. Setiap transaksi akan diberikan nomor virtual yang unik dan terpisah dari nomor rekening utama. Hal ini memungkinkan untuk melakukan pembayaran dengan lebih efisien.

Kelebihan utama virtual account antara lain:

  • Mudah untuk berbagai jenis transaksi

    Anda dapat melakukan berbagai macam pembayaran di mana saja dengan virtual account. Salah satu contohnya adalah pembayaran e-Commerce. Anda bisa menghemat waktu jika memilih metode transaksi dengan virtual account.

  • Pembayaran transaksi 24 Jam

    Pembayaran transaksi virtual account memberikan fleksibilitas bagi Anda karena akses pembayaran virtual account dapat dilakukan 24 jam non-stop. Jadi, virtual account memberi kesempatan bagi Pelanggan untuk membayar bahkan di luar jam operasional bank.

  • Transaksi Nyaman dan Tercatat

    Anda tidak perlu repot mencatat nomor rekening, kode bank, ataupun informasi lainnya. Anda bisa langsung melakukan pembayaran dengan cara menyalin kode virtual yang Anda dapatkan dan akan otomatis tercatat transaksinya dengan atas nama Anda dengan nominal yang sudah diberikan.

Dari kelebihan di atas, dibandingkan dengan metode pembayaran lain seperti transfer bank atau kartu kredit, virtual account menawarkan kecepatan dalam pembayaran. Selain itu, virtual account juga memungkinkan untuk dilakukan oleh siapapun termasuk yang tidak memiliki rekening bank.

Perbedaan utama virtual account dengan metode lain adalah nomor virtual account unik pada setiap transaksi termasuk pembayaran belanja di e-commerce. Dibandingkan dengan transfer bank, virtual account biasanya tidak dikenakan biaya tambahan oleh bank atau penyedia jasa transaksi. Sementara itu, transaksi transfer bank akan dikenakan biaya jika rekening bank pengirim berbeda bank dengan rekening bank penerima.

Salah satu cara pembayaran virtual account bisa melalui mobile banking dimana semua aplikasi mobile banking sudah menyediakan fitur pembayaran dengan virtual account sehingga memudahkan untuk pembayaran secara online, Maybank Indonesia dengan M2U ID App juga memiliki fitur transaksi pembayaran virtual account Anda dapat membayar berbagai macam transaksi dengan virtual account via M2U ID App . Lalu, bagaimana cara menggunakan virtual account via M2U ID App dalam melakukan pembayaran di e-Commerce, contohnya Tokopedia? Berikut cara yang bisa Anda lakukan:

Cara mendapatkan nomor Virtual Account:

  1. Pada halaman keranjang, check out barang yang akan dibeli
  2. Selanjutnya, pilih pembayaran
  3. Pada halaman metode pembayaran, klik ‘lihat semua’
  4. Pilih ‘Virtual account Lainnya”
  5. Klik ‘Pilih Bank’, lalu klik ‘Maybank’
  6. Selanjutnya, klik ‘Bayar’
  7. Salin nomor pembayaran Tokopedia dan lakukan pembayaran melalui M2U ID App

Cara melakukan pembayaran Tokopedia via M2U ID App:

  1. Login M2U ID App
  2. Pilih menu ‘Pembayaran’
  3. Pilih ‘E-Commerce’, lalu pilih rekening yang akan digunakan untuk membayar
  4. Pilih tagihan dan klik ‘Tokopedia’
  5. Selanjutnya, masukan nomor virtual account atau nomor pembayaran
  6. Cek kembali detail pembayaran
  7. Masukkan passcode Secure2u
  8. Pembayaran Tokopedia berhasil!

Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa lihat video ‘Panduan Pembayaran Tokopedia’ pada halaman ini. Anda juga bisa lihat informasi cara melakukan pembayaran Tokopedia melalui virtual account pada halaman ini.

Yuk, lakukan pembayaran Tokopedia melalui M2U ID App!