Maybank Foundation dan Maybank Indonesia Laksanakan Program Literasi Keuangan Cashville Kidz

 

 

 

Jakarta – Setelah berhasil menyelenggarakan program serupa di Malaysia dan Kamboja, Maybank Foundation bersama PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) melaksanakan program literasi keuangan bernama Cashville Kidz di Indonesia.  Program dilaksanakan hari ini di Jubilee School, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, dengan melibatkan peserta 108 siswa.  Program ini merupakan bagian dari kegiatan komprehensif yang sedang dilaksanakan Maybank Foundation untuk mengembangkan anak cerdas secara finansial di seluruh wilayah ASEAN.

Cashville Kidz dirancang untuk mendorong generasi muda, khususnya anak-anak di rentang usia 9 – 12 tahun untuk menjadi lebih mandiri dan bijaksana dalam mengelola keuangan sejak dini. Tujuan program ini adalah untuk membekali anak-anak agar trampil dan memiliki manajemen keuangan yang baik. Selain itu program ini dirancang agar membuat anak mampu membuat keputusan keuangan yang tepat serta menanamkan kebiasaan menabung dan belanja sebagai konsumen yang cerdas.

Program Cashville Kidz dalam pelaksanaannya bermitra dengan Money Tree Asia Pacific Pte Ltd (Singapura). Di Indonesia, pilot program ini sebelumnya telah dilaksanakan di tiga sekolah dasar (SD) di Jakarta selama Agustus 2019, mencakup SDN 03 Menteng, SD Santa Maria dan SD Santa Ursula dengan jumlah total peserta mencapai 301 siswa. Hingga akhir tahun program ini diproyeksikan untuk dilaksanakan di sembilan SD yang berada di Jakarta dan sekitarnya. Total akan ada 12 sekolah yang menjadi penerima manfaat program ini.

Metode pengajaran yang dilakukan Cashville Kidz untuk tingkat dasar menggunakan empat episode seri animasi literasi keuangan yang inovatif dan edukatif. Dalam setiap sesi, diselenggarakan pre dan post test untuk dapat mengukur tingkat keberhasilan program. Setiap satu seri selesai diakhiri dengan kuis yang disambut siswa dengan antusias. Selanjutnya hasil tes akan diserahkan kepada pihak sekolah. Siswa yang berpartisipasi umumnya menunjukkan antusiasime selama program berlangsung dan mereka dapat mengikuti cerita dari empat tokoh karakter Cashville Kidz, yakni Sens Andola, Penny Wise, Suzy Spendamore, dan Barry Maveric.

“Anak-anak, yang merupakan target beneficiary program CSR Maybank Indoensia, menjadi fokus dari program ini karena anak-anak adalah calon pemimpin di masa depan sehingga sangat penting untuk menanamkan edukasi literasi keuangan sejak dini,” kata Head, Corporate & Branding Communications Maybank Indonesia, Esti Nugraheni.

"Kami sangat gembira dapat memperkenalkan dan menyelenggarakan program literasi keuangan Cashville Kidz di Indonesia. Cashville Kidz merupakan salah satu program flagship Maybank Foundation, yang telah mengedukasi lebih dari 180.000 siswa di Malaysia, Kamboja dan Filipina. Langkah ini menjadi ekspansi pertama kami ke luar negeri untuk pelaksanaan program yang sangat berhasil dan kami bertujuan untuk memperluas pelaksanaan program secara regional, mewujudkan komitmen Maybank untuk memperkaya masyarakat di mana Maybank berada,” kata CEO Maybank Foundation Shahril Azuar Jimin.

Program Cashville Kidz telah meraih dua penghargaan internasional yaitu Efma - Accenture Innovation Award pada 2013 di Paris dan Global CSR Award pada 2014 di Bali.

Catatan untuk editor

Tentang Maybank Indonesia

Maybank Indonesia merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia yang memiliki jaringan regional maupun internasional Grup Maybank. Maybank Indonesia menyediakan serangkaian produk dan jasa komprehensif bagi nasabah individu maupun korporasi melalui layanan Community Financial Services (Perbankan Ritel dan Perbankan Non-Ritel) dan Perbankan Global, serta pembiayaan otomotif melalui entitas anak yaitu WOM Finance untuk kendaraan roda dua dan Maybank Finance untuk kendaraan roda empat. Maybank Indonesia juga terus mengembangkan layanan dan kapasitas Digital Banking melalui Mobile Banking, Internet Banking, Maybank M2U (mobile banking berbasis internet banking) dan berbagai saluran lainnya.

Per 30 September 2019, Maybank Indonesia memiliki 380 cabang termasuk cabang Syariah yang tersebar di Indonesia serta satu cabang luar negeri (Mumbai, India), 21 Mobil Kas Keliling dan 1.601 ATM termasuk CDM (Cash Deposit Machine) yang terkoneksi dengan lebih dari 20.000 ATM tergabung dalam jaringan ATM PRIMA, ATM BERSAMA, ALTO, CIRRUS, dan terhubung dengan 3.500 ATM Maybank di Singapura, Malaysia dan Brunei. Hingga akhir September 2019, Maybank Indonesia mengelola simpanan nasabah sebesar Rp115,6 triliun dan memiliki total aset senilai Rp177,9 triliun.

Tentang Maybank Foundation

Maybank Foundation adalah yayasan yang menangani Corporate Responsibility Maybank Group.  Kehadirannya membawa dampak yang positif bagi masyarakat di pasar di mana Maybank beroperasi.  Yayasan mengemban amanat untuk mengidentifikasi program yang memiliki hasil nyata dan berkelanjutan-serangkaian upaya yang akan membawa perubahan dalam jangka panjang.  Maybank Foundation memberikan dampak pada enam bidang fokus: Pendidikan, Pemberdayaan Ekonomi, Hidup Sehat, Keanekaragaman Lingkungan, Seni dan Budaya serta Penanggulangan Bencana.

Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi:

Esti Nugraheni, Head, Corporate & Brand Communications
Telp. +6221 2922-8888