Frequently Ask Question (FAQ)

  1. Apakah yang dimaksud dengan Maybank SMS+ Banking ?

    Maybank SMS+ Banking adalah layanan Perbankan Elektronik dimana nasabah dapat memperoleh informasi perbankan serta melakukan transaksi perbankan melalui Telepon Seluler.
     
  2. Apa saja syarat untuk dapat memiliki layanan Maybank SMS+ Banking ?

    1. Memiliki rekening Tabungan atau Giro (perorangan )
    2. Memiliki kartu ATM Maybank
    3. Memiliki Handphone GSM maupun CDMA
    4. Pelanggan operator GSM Indosat, Telkomsel, XL, 3. Pelanggan operator CDMA Esia dan Smartfren
    5. Menyetujui syarat dan ketentuan Maybank SMS+ Banking yang terdapat di form aplikasi registrasi Maybank SMS+ Banking
       
  3. Platform teknologi apa saja yang tersedia di Maybank SMS+ Banking?

    1. SMS Plain Text
    2. UMB Banking (USSD Menu Browser)
    3. Java Menu for Blackberry
    4. Maybank SMS+ Banking Apps (Android, IOS, BB OS 10
       
  4. Apa saja yang dimaksud dengan:
    1. SMS Plain Text
    2. UMB (USSD Menu Browser)
    3. Java menu for Blackberry
    4. Maybank SMS+ Banking Apps (Android, IOS, BB OS 10)

    Jawaban:
    1. SMS Plain Text yaitu transaksi dilakukan dengan mengetikan SMS dan kirim ke 69811
    2. UMB (USSD Menu Browser) yaitu transaksi dilakukan dengan bantuan menu yang dapat diakses melalui USSD, dengan mendial *141#
    3. Java Menu for Blackberry yaitu transaksi dilakukan dengan bantuan menu yang tersedia di Blackberry (telah diinstal menu Java Maybank SMS+ Banking)
    4. Maybank SMS+ Banking Apps (Android, IOS, BB OS 10) yaitu transaksi dilakukan dengan bantuan menu yang tersedia di aplikasi Telpon Seluler dengan masing masing Operating System.
       
  5. Bagaimana cara untuk mendapatkan fasilitas Maybank SMS+ Banking ? 

    Pendaftaran bisa dilakukan melalui Maybank ATM atau datang ke cabang Maybank  terdekat untuk mengisi form permohonan Maybank SMS+ Banking dengan melampirkan bukti asli identitas diri (KTP/SIM/Paspor/KIMS) dan bukti kepemilikan rekening (kartu ATM).
     
  6. Bagaimana cara pendaftaran Maybank SMS+ Banking melalui Maybank ATM ?

    1. Masukkan kartu ATM Maybank
    2. Pilih bahasa
    3. Masukkan PIN ATM 6 digit
    4. Pilih registrasi E-Banking / PIN kartu
    5. Masukkan PIN ATM 6 digit
    6. Pilih registrasi SMS+ Banking
    7. Masukkan nomor Handphone
    8. Masukkan PIN SMS+ Banking 6 digit
    9. Masukkan kembali PIN SMS+ Banking
    10. Transaksi selesai.

    Setelah proses registrasi selesai, nasabah akan mendapatkan bukti registrasi dan bisa langsung melakukan aktivasi melalui kartu SIMnya.
     
  7. Setelah pendaftaran di Maybank ATM, apakah nasabah bisa langsung melakukan transaksi melalui Maybank SMS+ Banking ?

    Ya bisa, namun nasabah hanya bisa melakukan transaksi non finansial, seperti cek saldo, cek mutasi rekening, dan transaksi lainnya yang bersifat informasi.
     
  8. Bagaimana caranya agar nasabah bisa melakukan transaksi finansial melalui Maybank SMS+ Banking ?

    Nasabah dapat datang ke cabang Maybank untuk registrasi Maybank SMS+ Banking, dimana nasabah akan diminta untuk :
     
    1. Isi form permohonan Maybank SMS+ Banking dengan menunjukkan bukti identitas diri (KTP/SIM/Paspor/KIMS) dan bukti kepemilikkan rekening (kartu ATM)
    2. Mendaftarkan nomor Handphone
    3. Nasabah melakukan create PIN SMS+ Bankingnya sendiri di Customer Service via aplikasi SMS+ Banking.

    Selanjutnya setelah nasabah menerima notifikasi bahwa proses registrasinya berhasil, maka nasabah dapat segera langsung melakukan transaksi.

    Untuk registrasi di cabang, nasabah bisa melakukan transaksi non finansial dan transaksi finansial.
     
  9. Bagaimana cara Nasabah untuk mengubah PIN SMS+ Banking?

    Ubah PIN SMS+ Banking hanya bisa dilakukan di ATM dan Cabang Maybank terdekat melalui Customer Service.
     
  10. Fitur transaksi apa saja yang bisa dilakukan melalui Maybank SMS+ Banking ?
     
    1. Informasi saldo
    2. Informasi mutasi rekening (4 transaksi)
    3. Transfer online antar rekening Maybank
    4. Transfer online ke bank lain (ALTO, ATM Bersama, Prima)
    5. Pembayaran tagihan : Kartu kredit Maybank, Telkom (Speedy & Flexy Classy), Telkomsel, Indosat, XL, Kartu Kredit Citibank, Kartu Kredit HSBC, Kartu Kredit ANZ, Kartu Kredit Permata, Kartu Kredit BNI, Kartu Kredit Danamon, Kartu Kredit MNC dan lain-lain.
    6. Pembelian pulsa isi ulang HP : Telkomsel, XL Prepaid, Indosat Prepaid, Three, Esia, Smartfren.
    7. Informasi tagihan kartu kredit Maybank
    8. Informasi kurs
    9. Informasi suku bunga Tabungan dan Deposito
    10. Informasi jasa giro
    11. Layanan bantuan (Help)
    12. Aktivasi layanan SMS+ Banking
       
  11. Apakah nasabah bisa mendaftarkan 2 nomor Handphone untuk 1 nomor kartu debit ?

    Tidak bisa, karena 1 nomor kartu debit hanya bisa diregistrasikan untuk 1 kartu SIM.
     
  12. Berapa biaya yang dibebankan untuk mendapatkan layanan Maybank SMS+ Banking ?

    Nasabah tidak dibebankan biaya untuk mendapatkan layanan Maybank SMS+ Banking (gratis).  Nasabah hanya akan dibebankan biaya SMS dan USSD oleh Operator GSM / CDMA dengan besarnya tarif tergantung dari setiap operator telepon.  Biaya tersebut akan mengurangi pulsa telepon.
     
  13. Berapa limit transaksi melalui Maybank SMS+ Banking ?

    Limit transaksi sama dengan limit transaksi perbankan berdasarkan kartu ATM/Debit sesuai dengan jenisnya (Reguler, Gold, Platinum).
     
  14. Jika nasabah sudah melakukan registrasi melalui Maybank ATM tetapi bukti registrasi ( struk ) tidak keluar atau tidak jelas, apa yg harus dilakukan nasabah ?

    Nasabah tidak perlu melakukan registrasi ulang, sepanjang registrasi tersebut telah berhasil di layar ATM
     
  15. Bagaimana jika nasabah sudah melakukan registrasi via ATM, namun belum bisa juga melakukan transaksi di Maybank SMS+ Banking ?
     
    1. Pastikan registrasi telah berhasil dan Nasabah telah melakukan penginputan Nomor Handphone yang benar saat registrasi
    2. Nasabah dapat menghubungi Customer Care di (021) 1500611 atau 69811 dari ponsel GSM
       
  16. Apa yang harus dilakukan jika nasabah lupa PIN atau PIN terblokir?

    Nasabah harus melakukan registrasi ulang melalui Maybank ATM atau cabang Maybank terdekat untuk mendapatkan PIN SMS+ Banking yang baru.
     
  17. Bagaimana jika kartu ATM nasabah hilang dan diblokir, apakah nasabah tetap dapat menggunakan Maybank SMS+  Banking ?

    Tidak bisa, Nasabah harus membuat kartu ATM baru dan melakukan registrasi ulang di Maybank SMS+ Banking.
     
  18. Tidak bisa, Nasabah harus membuat kartu ATM baru dan melakukan registrasi ulang di Maybank SMS+ Banking.

    Nasabah harus memberitahukan kepada Bank secara tertulis melalui Cabang Maybank terdekat atau telepon ke Customer Care untuk dilakukan pemblokiran/penutupan layanan Maybank SMS+ Banking
     
  19. Jika nasabah sudah mengirimkan perintah transaksi dan belum mendapatkan tanggapan SMS, tiba-tiba Handphone menjadi tidak aktif (karena tidak atau kurang mendapat sinyal, baterai habis, dan sebagainya), apakah transaksi tersebut berhasil atau tidak?
     
    1. Nasabah dapat cek status pengiriman SMS-nya (delivery report)
    2. Matikan dan nyalakan ponsel, jika tetap tidak mendapatkan jawaban, maka nasabah dapat menghubungi Customer Care  di (021) 1500611 atau 69811 dari ponsel GSM untuk cek status transaksinya
       
  20. Apa yg harus dilakukan jika nasabah tidak bisa mengirimkan SMS (SMS Failed) ?

    Nasabah dapat mengulang transaksinya kembali
     
  21. Apa yang harus dilakukan nasabah jika sudah mengirim SMS untuk transfer / pembayaran / isi ulang ternyata SMS konfirmasi tidak diterima ?

    Nasabah diminta cek saldo / mutasi rekeningnya. Namun bila tidak berhasil, nasabah diminta telpon ke Customer Care untuk cek status transaksi dan Debet  / Kredit transaksi. Bila transaksi berhasil, berarti SMS terlambat / belum dikirim oleh operator ke Handphone nasabah.
     
  22. Apa saja penyebab SMS konfirmasi transaksi terlambat / tidak terkirim ke HP nasabah ?

    Penyebabnya antara lain :
    1. SMS Center operator sibuk / antri
    2. Handphone mati,
    3. Pulsa Handphone habis
    4. Sinyal Handphone tidak ada
       
  23. Apa yang harus dilakukan jika nasabah ingin menutup layanan Maybank SMS+ Banking ?

    Nasabah bisa mengajukan permohonan penutupan Maybank SMS+ Banking melalui cabang Maybank terdekat atau menghubungi Customer Care  di (021) 1500611 atau 69811 dari ponsel GSM. 
     
  24. Sampai kapan nasabah bisa menggunakan layanan ini ?
    1. Selama nasabah tidak mengajukan penutupan layanan Maybank SMS+ Banking 
    2. Selama nasabah tidak melakukan penggantian Kartu ATM Maybank dan No Handphone
    3. Selama nasabah tidak menutup Kartu ATM Maybank
    4. Selama status rekening nasabah aktif 
       
  25. Apa yang menyebabkan PIN tidak dapat digunakan ?

    Layanan Maybank SMS+ Banking diblokir oleh Bank karena PIN salah 3 kali berturut-turut saat digunakan atau atas permintaan nasabah layanan tersebut diblok atau ditutup.
     
  26. Jika Nasabah salah memasukkan nomor PIN ATM sebanyak 3 kali di ATM, apakah nasabah bisa melakukan transaksi melalui Maybank SMS+ Banking ?

    Jika PIN ATM terblokir, maka transaksi via Maybank SMS+ Banking tidak bisa dilakukan
     
  27. Berapakah nomor shortcode / TPDA untuk Maybank SMS+ Banking (nasabah mengirimkan instruksi ke nomor berapa untuk layanan Maybank SMS+ Banking ?

    Shortcode / TPDA untuk Maybank SMS+ Banking  adalah 69811