Solo Traveling, Simak Jurus Memilih Hotel Berikut Ini

07 Mei 2019

Solo traveling merupakan sebuah aktivitas penting buat generasi masa kini yang tiap hari berkutat dengan beratnya tekanan pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Dengan melakukan traveling, kepenatan tersebut bisa hilang dan Anda dapat mengisi kembali energi psikis. Apalagi kalau Anda memanfaatkan promo Maybank yang akan membuat liburan atau jalan-jalan Anda jadi lebih menyenangkan!

Tips Jitu Memilih Hotel saat Solo Traveling

Tentunya ketika melakukan solo traveling, Anda perlu tinggal di hotel yang tepat. Tepat dari sisi kenyamanan, harga, dan lokasi. Hal-hal tersebut akan membuat Anda bisa memaksimalkan liburan Anda dengan baik. Dengan kata lain, memilih hotel yang tepat sama pentingnya dengan melakukan solo traveling itu sendiri.

Buat Perencanaan Sejak Jauh Hari

Satu hal yang sering terlupa namun sangat penting adalah merencanakan pemilihan hotel sejak jauh-jauh hari sebelum pergi. Kebanyakan orang lupa mencari hotel jauh hari karena banyaknya kesibukan atau menganggap masih ada hal lain tentang solo traveling yang perlu dipikirkan terlebih dahulu. Padahal, dengan memilih-milih hotel jauh hari sebelumnya, Anda bisa mempertimbangkan banyak hal tentang hotel tersebut, kenyamanan dan kebutuhan Anda, serta kondisi keuangan Anda.

Merencanakan pemilihan hotel jauh hari sebelum hari H juga punya keuntungan lain, yaitu Anda bisa mempertimbangkan ulang jika ternyata di kemudian hari ada tawaran hotel yang lebih baik daripada hotel yang sudah Anda incar sebelumnya. Yang paling penting, Anda punya cukup waktu untuk memilih hotel yang paling tepat untuk Anda.

Pilih Hotel di Tengah Kota

Lokasi hotel tempat Anda menginap akan turut menentukan kemudahan traveling Anda. Akan lebih baik bila Anda memilih hotel di tengah kota tempat Anda traveling. Hal ini untuk mengatasi kesulitan untuk menjangkau tempat-tempat wisata yang diinginkan karena jaraknya terlampau jauh.

Hotel yang berada di tengah kota umumnya memiliki akses yang dekat dan mudah ke tempat-tempat wisata favorit. Jika ingin bepergian sendiri pun tidak sulit, karena Anda bisa bertanya pada banyak orang atau mengikuti petunjuk jalan yang tersedia. Umumnya Anda tidak akan mendapatkan kemudahan ini jika memilih hotel di pinggir atau luar kota.

Fasilitas yang Lengkap

Hal yang penting dalam traveling tentu adalah soal kenyamanan termasuk pada hotel tempat Anda akan menginap. Kenyamanan hotel tersebut tentu salah satunya ditentukan oleh kelengkapan fasilitas. Agar lebih mudah memilih, minimal Anda pastikan hotel yang Anda pilih adalah hotel bintang 4. Hotel dengan bintang 4 sudah memiliki fasilitas yang lengkap untuk Anda. Anda juga bisa memilih hotel yang memiliki fasilitas sesuai dengan kebutuhan Anda.

Misalnya Anda suka berenang setelah bepergian namun tidak suka memanfaatkan fasilitas gym karena lelah seharian berkeliling, maka cukup pilih hotel dengan kolam renang tanpa gym. Untuk itu, Anda juga perlu mencatat apa saja kebutuhan Anda dari sebuah hotel dan mencari hotel yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Cari Kamar yang Menguntungkan

Tidak banyak yang tahu bahwa kamar yang berada di sudut hotel biasanya lebih luas dari kamar sebelahnya. Jika Anda memilih kamar di sudut, Anda akan mendapatkan ruangan yang lebih luas dengan harga yang sama. Selain kamar sudut yang menguntungkan, belakangan ini ada model kamar yang sangat menarik untuk dicoba solo traveler, yaitu kamar berdesain kapsul. Kini sudah ada hotel kapsul di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Medan, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, hingga di Bali.

Hotel kapsul sejatinya memang didesain untuk mengakomodasi mereka-mereka yang hobi solo traveling. Banyak pecinta solo traveling yang mengambil manfaat dari hotel kapsul. Mereka hanya butuh istirahat di malam hari, sementara pagi hingga sore menghabiskan waktu menjelajah kota yang mereka singgahi tersebut. Hotel kapsul memang recommended sekali untuk solo traveling yang penuh petualangan.

Miliki Keanggotaan/Menjadi Member Hotel Favorit

Buat Anda yang sering melakukan solo traveling, bahkan mungkin rutin melakukannya karena pekerjaan atau lainnya, akan sangat bermanfaat jika Anda memiliki keanggotaan atau menjadi member di hotel favorit Anda. Kebanyakan hotel menawarkan keanggotaan dengan beragam keuntungan untuk anggotanya. Dengan menjadi member di hotel favorit Anda, Anda pun akan mendapatkan beragam keuntungan tambahan bahkan hingga dapat menikmati fasilitas-fasilitas premium hotel ketika Anda menginap di hotel tersebut.

Lihat Rekomendasi atau Review

Hal penting lain soal memilih hotel adalah review atau rekomendasi. Anda bisa mengetahui kualitas hotel tertentu melalui hasil review orang lain yang sudah pernah menginap di hotel tersebut. Oleh karena itu, mencermati review yang ada tentang hotel tersebut akan menyelamatkan Anda dari salah pilih hotel. Terkadang apa yang hotel tawarkan berbeda dari fakta di lapangan. Review dari orang-orang yang pernah menginap di hotel tersebut akan sangat berguna bagi Anda untuk mengambil keputusan.

Anda juga bisa meminta rekomendasi dari kawan atau saudara yang pernah berlibur di kota atau lokasi yang hendak Anda jadikan tujuan solo traveling. Mendapatkan rekomendasi langsung dari orang yang pernah menginap jauh lebih berharga dari sekadar membaca review. Sebab berhubungan langsung dengan sumber rekomendasi tersebut, Anda bisa bertanya dan mendapatkan tips-tips penting tentang hotel tersebut. Banyak orang akan senang berbagi rekomendasi hotel seperti ini.

Untuk Anda yang gemar bepergian, Anda bisa memanfaatkan Maybank White Card saat solo traveling baik di dalam negeri maupun di luar negeri! Dengan memiliki Maybank White Card, Anda secara otomatis mendapatkan banyak keuntungan seperti penawaran menarik dari merchant-merchant travel terkemuka, bonus-bonus dan loyalty program, bahkan ada asuransi perjalanan dan bebas iuran bulanan.

Maybank White Card akan memberikan Anda 8 keunggulan setiap saat Anda melakukan perjalanan kemanapun Anda pergi, seperti:

  • Garansi nilai tukar uang di luar negeri yang rendah. Bahkan, bila Anda menemukan nilai yang lebih baik, Maybank akan mengganti selisihnya 2 kali lipat.
  • Loyalty program berupa shopping privilege berupa cashback hingga Rp 105 Ribu per bulan, dan Advance AirAsia BIG Points hingga 2.500 poin per bulan untuk setiap transaksi Anda di hotel, airlines dan tour & travel dengan minimum transaksi Rp 5 Juta per bulan.
  • Installment program dengan cicilan 0% 3 dan 6 bulan untuk transaksi di hotel, tour & travel, branded fashion dan transaksi di luar negeri.
  • Welcome bonus berupa poin hingga 1.000 AirAsia BIG Points untuk setiap Maybank White Card yang disetujui.
  • Travel accident insurance atau perlindungan kecelakaan perjalanan dengan nilai pertanggungan hingga Rp 500 Juta.
  • Travel Inconvenient Insurance atau perlindungan atas ketidaknyamanan perjalanan akibat keterlambatan pesawat hingga kehilangan bagasi untuk setiap perjalanan Anda, yaitu sebesar Rp 2,5 Juta untuk Pemegang kartu dan sebesar Rp 5 Juta untuk keluarga.
  • Bebas iuran bulanan.
  • Beragam promo dan penawaran menarik di berbagai merchant travel.

Selain itu, Maybank White Card juga memiliki sejumlah fitur terbaik untuk Anda, untuk mendukung kemudahan transaksi Anda selama perjalanan Anda, sebagai berikut:

  • E-Billing Statement atau fasilitas kemudahan dalam mendapatkan laporan tagihan bulanan yang dikirimkan langsung ke alamat email pribadi Anda.
  • Maybank Credit Shield atau asuransi yang melindungi Anda/Ahli Waris dari kewajiban melunasi sisa tagihan jika Anda meninggal dunia, cacat tetap/sementara dengan premi ringan 0,69% dari saldo tagihan bulanan.
  • Maybank XBill yang memudahkan Anda membayar tagihan rutin bulanan melalui Maybank White Card.
  • Rekening Kartu Kredit (RKK) atau fasilitas tabungan untuk pembayaran tagihan bulanan dan kartu kredit hingga transfer antar bank.
  • Internet Banking untuk memperoleh tagihan Maybank White Card dan fasilitas perbankan melalui www.maybank.co.id
  • Maybank XCash atau fasilitas pinjaman dana tunai yang diambil dari limit Maybank White Card Anda dan tagihannya dapat dibayarkan secara cicilan dengan bunga ringan.
  • Maybank XPay Just Call dimana Anda dapat mengubah transaksi pembelanjaan di semua merchant manapun menjadi cicilan, hanya dengan menghubungi Customer Care di 69 811 via ponsel.
  • Cardlink/Newsletter yang memuat informasi program dan penawaran menarik dari Maybank White Card yang akan dikirim dalam lembar tagihan Anda.
  • Fasilitas layanan call center 24 jam.

Tunggu apalagi? Buat Maybank White Card sekarang dan nikmati berbagai keuntungan untuk Anda dan perjalanan Anda. Hanya dengan Maybank White Card, Anda bisa menikmati kenyamanan dan kemudahan penuh dalam perjalanan Anda, kemanapun Anda pergi. Beragam kebutuhan Anda di perjalanan bisa Anda penuhi dengan mudah dan praktis.